SILABUS
MATA KULIAH
: TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR
KODE MATA KULIAH/SKS
:GOT124/3 SKS
PRODI/FAK : PENDIDIKAN TEKNIK MESIN/KEGURUA DAN ILMU
PENDIDIKAN
DESKRIPSI MATA KULIAH : MATA KULIAH INI MEMBAHAS
TENTAN MASALAH DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SEPEDA MOTOR YANG TERDIRI DARI : DASAR-DASAR
MESIN, SISTEM BAHAN BAKAR,
PENGETAHUAN PRODUK, SISTEM KELISTRIKAN,
PANDUAN CARAMEMBACA ALAT
SERVIS KELISTRIKAN, ALAT-ALAT TANGAN DAN KHUSUS SERVIS, SISTEM PERAWATAN
DAN
PENYETELAN, DAN SISTEM PASANG BONGKAR MESIN.
TUJUAN MATA KULIAH
: DIHARAPKAN MAHASISWA DAPAT MEMAHAMI TENTANG
PERKEMBANGAN SEPEDA
MOTOR
Pertemuan
ke
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pembelajaran
|
Metode
|
Media
|
1
( Satu )
|
Agar
mahasiswa memahami fungsi mesin dan perbedaan motor 4 langkah dan 2 langkah
|
·
Mahasiswa
memahami kerja mesin
·
Mahasiswa
mampu menyampaikan perbedaan mesin 4 dan 2 T
·
Mahasiswa
mampu memilih mesin 4 dan 2 T untuk
kondisi pemanfaatannya
·
Mahasiswa
memahami tujuan mempelajari mesin 4 dan 2 T
·
Mahasiswa
dapat mengikuti perkembangan teknologi mesin sepeda motor
|
·
Asal
mula tenaga, siklus mesin, perbandingan motor 4 langkah dan 2 langkah
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
2
( Dua )
|
Agar
mahasiswa memahami jenis bahan bakar dan fungsinya
|
Mahasiswa
mapu:
·
Membedakan
jenis-jenis bahan bakar
·
Memahami
penggunaan bahan bakar pada mesin
|
Fungsi
system baha bakar
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
3
( Tiga )
|
Agar
Mahasiswa memahami jeis-jenis karburator
|
Sasaran
belajar:
·
Mengetahui
kerusakan, penyetelan karburator
·
Mampu
memilih peralatan karburator dan ukuranya
·
Mampu
mengunakan tipe karburator pada kendaraan sepeda motor.
|
Bagian-baian
karburator, nama, penyetelan dan fungsinya
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
4
( Empat)
|
Agar
mahasiswa memahami jenis-jenis kerburator.
|
Mempelajari:
·
Mahasiswa
memahami prinsip kerja karburator dengan berbagai tipe.
·
Mahasiswa
dapat menerangkan fungsi dari bagian-bagian karburator.
|
·
Spesifikasi
pemakaian tipe karburator pada sepeda motor
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
5
( Lima)
|
Agar
mahasiswa dapat mengetahui perkembangan teknologi sepeda motor.
|
Sasaran
belajar:
·
Mahasiswa
mengetahui perkembangan teknologi mesin sepeda motor
·
Mahasiswa
dapat menyebutkan bagian-bagian apa saja dari perkembangan sepeda motor
|
Kemajuan
teknologi sepeda motor yang telah ada
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
6
( Enam)
|
Agar
mahasiswa dapat membeadakan fungsi kabel dari segi warnanya.
|
Mahasiswa
mapu:
·
Menyajikan
berbagai rangkaian system kelistrikan sepeda motor
·
Membuat
menggambar rangkaian kelistrikan sepeda motor
·
Membedakan
bagian kelistrikan sepeda motor antara yang satu dengan yang lainnya.
|
Fungsi
warna kabel, rangkaian peralatan kelistrikan.
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
7
(Tujuh)
|
Mahasiswa
dapat melakukan pengukuran system kelistrikan pada sepeda motor.
|
Mahasiswa
mampu:
·
Mengukur
kelistrkan sepeda motor
|
Praktek
pengukuran system kelistrikan pada sepeda motor.
|
Praktek
|
Kunci-kunci
|
8
(Delapan)
|
Ujian
tengan semester
|
||||
9
(Sembilan)
|
Mahasiswa
dapat melaksanakan penggunaan alat-alat tangan pada sepeda motor
|
Mahasiswa
mampu:
·
Mengunakan
peralatan tangan sesuai dengan fungsinya
·
Perawatan
tangan sesuai dengan fungsinya
|
Pengunaan
dan perawatan alat-alat tangan
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
10
(Sepuluh)
|
Mahasiswa
dapat melakukan berbagai system penyetelan pada sepeda motor
|
Mahasiswa
mampu:
·
Penyetelan
system pengapian
·
Penyetelan
system rantai rantai le
·
Penyetelan
system penampuran perbandingan bahan
akar
|
Tata
cara penyetelan dan perawatan bagian-bagian system yang ada pada sepeda motor
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
11
(Sebelas)
|
Mahasiswa
dapat melakukan perbaikan cylinder head.
|
Mahasiswa
mampu:
·
Praktek
melepas dan memasang bagian-bagian cylinder head
·
Melepas
dan memasang rocer arm.
·
Melepas
dan memasang arm
|
Praktek
melepas dan memasang bagian-bagian klep/katup
|
Kuliah
mimbar, diskusi
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
12
(Dua Belas)
|
Mahasiswa
dapat melaksanakan perbaikan system kopling.
|
Mahasiswa
mampu:
·
Praktek
melepas dan memasang bagian-bagian kopling
|
Pratek
melepas dan memasang bagian-bagian kopling
|
Praktikum
|
Papan
tulis, OHP, LCD
|
13
(Tiga Belas)
|
Agar
mahasiswa mengetahui dan dapat membongkar Mahasiswa mampu:
pasang
mesin untuk perbaikan.
|
Mahasiswa
diarapkan memahami:
·
Cara
mengatasi kerusakan mesin sepeda motor
|
Prakte
bongkar pasang mesin 1
|
Praktikum
|
Kunci-kunci
|
14
(Empat Belas)
|
Agar
mahasiswa mengetahui dan dapat membongkar pasang mesin untuk perbaikan.
|
Mahasiswa
diarapkan memahami:
·
Cara
mengatasi kerusakan mesin sepeda motor
|
Prakte
bongkar pasang mesin II
|
Praktikum
|
Kunci-kunci
|
15
(Lima Belas
|
Agar
mahasiswa mengetahui dan dapat membongkar pasang mesin untuk perbaikan
|
Mahasiswa
diarapkan memahami:
·
Cara
mengatasi kerusakan mesin sepeda motor
|
Prakte
bongkar pasang mesin III
|
Praktikum
|
Kunci-kunci
|
16
(Enam Belas)
|
Ujian
akhir semester
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar