SELAMAT DATANG DI MEDIA BLOG PEMBELAJARAN SMK TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Minggu, 19 April 2015

Mekanisme Katup



Mekanisme Katup
Pada mesin sepeda motor 4 tak, untuk memasukkan campuran bahan bakar dan udara dan membuang gas bekas hasil pembakaran dari dalam silinder, diperlukan adanya katup masuk dan katup buang, yang berfungsi menutup dan mebuka salura masuk dan buang. Mekanisme yang membuka dan menutup katup-katup ini disebut mekanisme katup. 
1. Komponen-Komponen Mekanisme Katup

         Keterangan:
         1. Pelatuk  (arm)                                   6. Batang torak
         2. Poros Kam  (cam shaft)                    7. Poros engkol (crankshaft)
         3. Pegas katup (spring)                         8. Spocker
         4. katup (valve)                                     9. Rantai
         5. Torak                                                10  Spocker
2.  Komponen-Komponen Mekanisme Katup
 Keterangan
1. Seal                                          8. Spring, Valve Outer
2. Cam Shaft                                9. Spring, Valve
3. Plate                                        10. Retainer
4. Arm                                        11. Seal 
5. Shaft                                       12. cotter
6. Valve In                                  13. Screw
7. Valve Ex                                 14. Nut
   3. Prinsip Kerja Katup
             Pada Saat poros engkol (crankshaft) berputar secara otomatis spocker yang seporos dengan poros engkol akan ikut berputar, putaran ini akan diteruskan oleh rantai ke sproket pada poros kam , poros kam ini akan meneruskan gaya ke tuan katup yang kemudian akan membuka dan menutupnya katup. Prinsip kerja katup (valve timing) adalah saat membuka dan menutupnya katup yang berhubungan dengan posisi pergerakan torak. Pada saat mesin berputar dengan kecepatan tinggi maka katup harus membuka lebih cepat dan menutup lebih lambat. Ini memberikan kesempatan masuknya campuran udara dan bensin ke dalam silinder sebanyak mungkin. Sebaliknya katup buang membuka sebelum langka usaha berakhir dan tetap terbuka sampai beberapa saat setelah lagkah isap dimulai. 
     3. Sudut angkat katup
           Sudut angkat katup dinyatakan dalam bentuk yang menunjukan besarnaya sudut perputaran poros engol berdasarkan kedudukan torak pada TMA atau TMB. 
       Berikut ini adalah gambaran animasi sudut angkat katup


4. Unit katup
Unit katup untuk membuka dan menutup saluran hisap disebut unit katup isap sedangkat unit katup untuk menutup dan membuka saluran buang disebut katup buang. bagian-bagian-bagian unit katup yaitu:
  1. Katup (valve), Katup dibedakan menjadi 2 macam, yaitu katup hisap dan katup buang, untuk membedakan katup hisap dan katup buang dapat kita lihat ukuran diameter kepala katupnya. Ukuran diameter kepala katup hisap bila dibandingkan dengan ukuran diameter kepala katup buang lebih besar. Hal ini agar dapat menambah efesiensi pengisian campuran udara dan bensin ke dalam silinder.
  2. Pegas Katup (spring), pegas katup merupakan pegas spiral yag berfungsi untuk menutup kembali katup setelah pelatuk katup (rocker arm) bergerak menjauhi batang katup. Pegas katup pada masing-masing katup ada dua macam yaitu pegas katup bagian luar dan pegas katup bagia dalam yang mempunyai tegangan berbeda.
  3. Bos katup, bos katup atau jalan katup berfungsi untuk bantalan atup. Dibuat dari logam yang memiliki sifat pengaantar panas yang baik dan taha haus. Panas batang katup dapat dihantarkan oleh bos katup ke kepala silnder.
  4. Dudukan katup (gelang katup), dudukan katup pada silinder berbentuk cincicn yang dipasang dengan teknik tekan. Permukaan diasah dengan sudut sesuai sudut kepala katup yaitu 45.permukaan dudukan katup harus halus dan rapat sekali terhadap katupnya, agar tidak terjadi kebocoran.
  5. Unit pembuka katup, unit pembuka katup berfungsi untuk membuka katup isap dan katup buang sehingga proses pengisapan campuran udara dan bensin serta pembuangan gas bekas sisa pembakaran dapat berlangsung.
Susunan unit pembuka katup sebagai berikut.
  • Pelatuk katup (rocker arm), pelatuk katup dipasang pada poros tetap (shaft) denga bantalan luncur. Salah satu ujung pelatuk katup diletakkan pada kam sedang ujung yang lain diletakkaan pada ujung batang katup. Pada ujung pelatuk katup terdapat baut penyetel dan mur pengunci yang digunakan untuk menyetel kerenggangan katup atau celah bebas katup
  • Poros Kam (cam shaft), poros kam  disebut juga poros nok disebut juga poros hubungan Poros kam berfungsi untuk mengubah gerak berputar menjadi gerak lurus pada katup atau dapat dikatakan bahwa poros kam berfungsi untuk mengatur saat-saat pembukaan katup.
  • Penggerak poros kam, konstruksi penggerak poros kam terdiri dari roda gigi pada poros engkol (crankshaft), rantai kam (chain) di tenganya terdapat roller dan roda gigi pada poros kam, Cara kerja penggerak poros kam adalah bahwa pada saat poros engkol berputar maka roda gigi (sprocket) pada poros engkol ikut berputar. Berputarnya roda gigi pada poros engkol akan menggerakkan rantai kam (chain).





Sistem Bahan Bakar Konvensional

SISTEM BAHAN BAKAR

          Sistem bahan bakar merupakan bagian terpenting sebagai kelengkapan dari suatu sepeda motor yang berfungsi memberikan masukan/penggunaan bahan bakar dan udara yang diperlukan dalam proses pembakaran bahan bakar. Sistem bahan bakar adalah seperti tangki bensin, selang bensin, kran bensin, saringan udara, dan karburator. Bensin ditampung dalam tangki bensin kemudian dialirkan melalui selang bensin, saringan bensin, kran bensin, ke karburator. bensin dalam karburator dicampur dengan udara yang sebelumya disaring dengan saringan udara sehingga berbentuk gas. Gas campuran udara dan bensin dimasukkan ke dalam silinder pada langkah hisap.
1. TANGKI BENSIN
           Tangki bensin (fuel tank) berfungsi untuk menyimpan atau menampung bensin. Tangki bensin dibuat dari plat baja tipis. Pada bagian atas terdapat lubang untuk memasukkan bensin. Lubang tersebut dibuka dan ditutup dengan tutup tangki.
             
 (Gambar tangki bahan bakar)
Keterangan:
1. Tutup Tangki
2. Sensor bahan bakar
3. Tangki bahan bakar
4. Saluran bahan bakar
2. KRAN BENSIN
Kran bensin konstruksinya menjadi satu dengan karburator. Pada kran bensin terdapat handel yang berfunsi untuk membuka dan menutup lubang keluaran bensin dari tangki bensin. Untuk mengeuarkan bensin dari tangki bensin maka handel digeser pada posisi on. Apabila handel pada posisi on kemudian bensin habis maka handel dapat digeser ke posisi rest sehingga bensin cadangan (reserve) dapat digunakan
(Gambar kran bensin)

 Pada kran bensin terdapat saringan yang berfungsi untuk menahan kotoran yang Terkandung dalam bensin. Kotoran yang berat akan mengendap di bagian bawah dari saringan, sedangkan kotoran yang ringan akan menempel pada saringan. Apabila rusak, saringan tidak dapat diperbaiki dan harus diganti.                                                                                                              
3SELANG DAN SARINGAN BENSIN


                 (Gambar saringan bensin)                 (Gambar selang bensin)
Selang dibuat dari karet kualitas tertentu sehingga tidak “lonyot” ketika terkena bensin dan tahan terhadap getaran. Dalam pemasangan selang, maka pada ujung-ujung selang dipasang klem agar bensin tidak bocor. Kemudian bensin dialirkan dari tangki melalui selang ke saringan bensin. Saringan bensin untuk menahan kotoran yang terkandung dalam bensin selanjutnya bensin dialirkan ke karburator.                                                                                                       4. SARINGAN UDARA
Saringan udara berfungsi untuk menyaring debu atau kotoran yang udara yang akan masuk ke karburator, selanjutnya maksuk ke dalam silinder. Saringan udara dipasang sebelum karburator. Terdapat dua model saringan udara yang digunakan pada sepeda motor, yaitu :
       a)      Saringan kering : elemen saringan terbuat dari bahan kertas
       b)      Saringan basah : elemen saringan terbuat dari spoon yang diberi minyak pelumas.
Metode membersihkan saringan kering berbeda dengan saringan basah. Pada saringan kering dengan meniup menggunakan udara bertekanan dari arah berlawanan dengan arah udara masuk, sedangkan untuk saringan basah dengan mencuci dengan solar, diperas, kemudian dicelup ke oli pelumas dan diperas kembali. Ilustrasi metode membersihkan adalah sebagai berikut:
a) Saringan kering/kertas
(Gambar saringan kering/kertas)
b) Saringan basah
(Gambar saringan basah)

      5. KARBURATOR
          Karburator berfungsi untuk mencampur udara dan bensin sehingga menjadi gas dan untuk mengatur pemasukan gas kedalam silinder. Gas merupakan partikel-partikel yang sangat halus sehingga mudah terbakar. Selain itu, karburator harus sanggup melayani campuran udara dan bensin kedalam silinder sesuai dengan beban dan kecepatan motor.
          Perbandingan udara dan bensin dinyatakan dengan berat. Secara teoritis perbandingan adalah 1 gram bensin berbanding dengan 15 gram berat udara. Apabila perbandingan udara lebih besar misalnya 1 gram berat bensin berbanding dengan 18 gram berat udara maka disebut dengan campuran miskin. Sebaliknya bila campura udara lebih sedikit misalnya 1 gram berat bensin berbanding dengan 13 gram berat udara disebut dengan campuran kaya.
5.1. Bagian-bagian karburator

                                                         Gambar ilustrasi komponen karburator 
  1. Slow jet atau pilot jet, Slow jet atau pilot jet adalah komponen yang terletak dibagian dalam karburator. Fungsinya adalah sebagai penyuplai bahan bakar. Slow jet berfungsi untuk melakukan penyemprotan bahan bakar (bensin) pada awal mesin dihidupkan. Sekaligus menyuplai aliran bahan bakar pada saat mesin dalam keadaan putaran stasioner (langsam) atau putaran lambat.
  2. Main jet/Spuyer, Main jet atau Spuyer berfungsi untuk melakukan penyemprotan bahan bakar bensin pada saat putaran mesin diatas 5000 RPM.
  3. Piston valve (throttle valve) atau piston skep, berfungsi untuk mengatur aliran udara yang akan masuk ke ruang bakar. Sehingga, tenaga atau power dapat diatur sesuai dengan putaran mesin. Pada bagian depan piston valve terdapat coakan (cut away) yang berfungsi untuk mengatur masuknya udara pada saat kondisi mesin dalam putaran stasioner atau langsam.
  4. Jet needle atau jarum skep, berfungsi untuk mengontrol aliran bahan bakar melalui bentuk ketirusan ujung jarum skep. Jet needle mempunyai alur untuk posisi clip mengunci jarum skep pada posisi piston valve. Dan jarum skep mepunyai ukuran sesuai dengan bentuk ketirusan.
  5. Needle jet, berfungsi untuk mengontrol sejumlah campuran bahan bakar dan udara yang dialirkan antara celah jet needle dengan needle jet.
  6.  Float chamber (mangkuk karburator), Berfungsi untuk menampung bahan bakar bensin sementara sebelum digunakan untuk penyemprotan ke ruang bakar.
  7. Float atau pelampung, berfungsi sebagai pengontrol atau pengatur aliran bahan bakar yang masuk ke float chamber atau mangkuk bensin.
  8. Air screw (baut penyetelan udara), berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah udara yang akan dicampur debgan bensin
  9. Throttle screw (jarum penyetelan gas). Berfungsi untuk mengatur setelan posisi throttle gas pada saat langsam (putaran mesin stasioner/idle)
  10. Pegas, berfungsi untuk mengembalikan trhrottle valve ke posisi semula setelah ditarik oleh kabel gas.
  11. Needle jet holder, berfungsi sebagai kedudukan dari main jet.
5.2. Cara kerja karburator
Pada waktu motor melakukan langkah isap, torak bergerak dari TMA ke TMB sehingga memperbesar volume ruangan silinder, maka tekanan menjadi turu. Akibat gas campuran udara dan bensin dari karburator diisap masuk kedalam silinder. Pada saat ini karburator bekerja. Bekerjanya karburator akibat adanya perbedaan tekanan antara tekanan udara runag venture dengan tekanan udara di luar karburator. Tekanan didalam runag venturi dipengaruhi oleh tekanan didalam silinder pada saat langkah isap sehingga tekanan menjadi rendah bila dibandingkan dengan tekanan udara luar. Oleh karna iu udara luar mengalir ke ruang venture. Ketika udara mengalir ke venture melalui penyiram utama. Kemudian bensin ditiup oleh arus udara yang deras dan terjadilah penguapan atau gas. Campuran udara dan bensin yang menjadi gas tersebut diisap masuk ke dalam silinder.         
Cara kerja karburator hubungannya dengan tingkat kecepatan sebagai berikut.                               a) Pada waktu putaran stasioner sampai kecepatan rendah:
  1. Handel gas dalam posisi belum diputar, katup gas dalam posisi palig bawah sehingga katup 1/8 – ¼. Jarum tidak terangkat sehingga menutup, penyiram utama tidak berfungsi.
  2. Coakan pada katup gas berfungsi sebagai venture, udara yang mengalir akan mengalami penurunan tekana  maka bensin dari ruang pelampung keluar melalui penyiram stasioner.
  3. Selain itu udara mengalir melalui “main air jet: ke penyiram stasioner, untuk mengadakan pencampuran dengan bensin yang perbandingannya dapat diatur dengan sekrup penyetel udara.
  4. Pada “orifice” terjadi pencampuran stasioner. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan campuran udara dan bensin pada putaran stasioner atau kecepatan rendah
 Keterangan:
1. Air (udara)
2. Main air jet (jet udara utama)
3. Slow jet (jet lambat)
4. Air scew (sekerup udara)        
                                                                                                                                                          b) Pada waktu putaran menengah:
  1.        Handel gas diputar, katup gas terangkat 1/4-3/4, jarum penyiram terangkat sehingga penyiram utama terbuka dan berfungsi.
    2.    Coakan pada katup gas masih berfungsi sebagai venture, udara yang mengalir akan mengalami penurunan tekanan pada bensin dari ruang pelampung akan mengalir ke ruang venture melalui penyiram utama. Pada saat ini penyiram stasioner masih berfungsi.
    3.   Disamping itu, udara melalui “main air jet” ke penyiram utama dan penyiram stasioner untuk mengadakan percampuran dengan bensin.
    4.     Percampuran udara dan bensin pada “orifice” menjadi lebih kaya. Hal ini memenuhi kebutuhan campuran udara dan bensin pada kecepatan menengah.







 Keterangan:
 1. Air (udara)
 2. Main air jet (jet udara utama)
 3. Slow jet (jet lambat)
 4. Air scew (sekerup udara)
 5. Air bleed (pelimpahan udara)
 6. Needle jet (jarum jet)
 7. Throttle valve (klep throttle)
 8. Jet Needle (jet jarum)                                                                                                     c) Pada waktu kecepatan tinggi:
  1. Handel gas diputar sampai penuh, katup gas terangkat ¾-penuh, jarum penyiram terangkat dan lubang penyiram utama terbuka sampai penuh sehingga berfungsi penuh.
  2. Udara yang mengalir ke ruang venture penuh, tekanan udara turun sangat rendah sehingga bensin mengalir melalui penyiram utama paling besar. Pada saat ini penyiram stasioner juga berfungsi.
  3. Disamping itu udara yang mengalir melalui “main air jet” ke penyiram utama dan penyiram stasioner dengan kapasitas penuh sehingga akan terjadi percampuran antara udara dan bensin paling besar.
  4. Pada orifice terjadi percampuran udara dan bensin paling kaya. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan campuran udara dan bensin pada beban maksimal dan kecepatan paling tinggi













Keterangan:
1. Air (udara)
2. Main air jet (jet udara utama)
3. Air bleed (pelimpahan udara)
4. Needle jet (jarum jet)
5. Main jet (jet utama)
6. Throttle valve (klep throttle)    
5.3. Tipe  Karburator
      A. Berdasarkan Perbedaan tipe Throttle Valve dan Tipe Ventur
            a)      Piston throttle valve dan variable venture
Piston throttle valve ditempatkan di dalam ruangan venture dengan cara kerja lagsung digerakkan atau dioperasikan oleh kabel atau kawat gas. Sehingga buka dan tutup piston throotle valve ssuai dengan gerakan tangan si pengendara motor. Diameter lubang venture dapat dibedakan berdasarkan aliran campuran bahan bakar di dalam karburator.
                 b)      Butterfly throttle valve dan variable venture
Pada bagian karburator tipe ini terdapat komponen, diantaranya katup kupu-kupu atau butterfly, throttle valve bekerja naik turun berdaarkan tekanan negtif yang berbeda-beda, campuran bahan bakar dan udara mengalir kedalam ruang bakar yang diatur oleh katup kupu-kupu dan piston valve ( automatic variable venture)
       B. Berdarkan Perbedaan dari segi Konstruksi
                 a)      Karburator tipe VM (Velocity Monoblok)
Piston throttle valve bergerak naik turun yang dioperasikan langsung oleh throttle grip atau handle gas, dan dihubungkan oleh kaat gas. Oleh karena itu, diameter lubang venturi dapat dibuat dengan ukuran yang bermacam-macam sehingga dapat mengontrol aliran campran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang dengan baik. Tipe karburator ini banyak dipakai untuk motor 2 tak dan sebagian untuk mesin 4 tak.
                 b)      Karburator tipe CV ( Constan Velocity)
Karburator CV lebih dikenal dengan nama karburator vakum. Karena prinsip kerja karburator ini berdasarkan pada kevakuman yang terjadi diantara tekanan udara luar dan tekanan negative pada lubang venture untuk mengontrol jumlah bahan bakar dan udara yang masuk. Asupan perbandingan udara diatur oleh katup kupu-kupu atau butterfly throttle valve yang dioperasikan langsung oleh kawat yang terhubung ke throttle grip (handle gas). Piston valve berada di tengan, terbuka dan tertutupnya secara otomatis akibat tekanan negative (kevakuman) diruang bakar sangat tinggi. Oleh karena itu, ukuran diameter venture bermacam-macam, sehingga aliran kecepatan udara secara konstan dapat dipertahankan. Karburator tipe ini digunakan pada mesin 4 tak, mempunyai kelebihan, yaitu putaran mesin lebih halus dan stabil sehingga menjadikan pemakaian bahan bakar lebih efisien dan hemat.
                  c)      Karburator TPFC (Transcient Power Fuel Control)
Dikenal dengan sebutan pompa akselerasi yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar tambahan guna menghindari penurunan tenaga mesin ketika piston sep dibuka secara mendadak, atau tiba0tiba karena campuran bahan bakar miskin.



Sistem Bahan Bakar Injeksi

Sistem Bahan Bakar Injeksi
Sistem injeksi adalah system pemasukan bahan bakar yang diatur secara elektronik dengan mengunakan injektor yang disemprotkan kesaluran masuk (intake manifold). Volume dan waktu penyemprotan bahan bakar diatur secra elektronik oleh perangkat elektronik, yaitu ECU (elektronik Control Unit). ECU akan menerima sinyal dari pick up coil atau tonjolan pada magnet yang bertema dengan pulser, lalu mengirim arus ke perangkap ECU. Dengan sistem injeksi, komsumsi bahan bakar lebih irit dan ramah lingkungan.
          Teknologi injeksi sudah sangat berkembang di zaman sekarang, karena hampir semua pabrikan sepeda motor sudah menerapkan sistem pemasukan bahan bakar tesebut pada setiap motor barunya. Contohnya, pada sepeda motor Honda Supra X 125 PGM-FI (Programed-Fuel Injektion), Yamaha V-ixion 150 FI ( Fuel Injektion), dan Suzuki Shogun 125 Hiper Injektion.
1.      Prinsip Kerja Sistem EFI ( Elektronik Fuel Injektion)
Secara garis besar penyemprotan bahan bakar melalui injektor dengan tekanan pompa bahan bakar dari tangki atas perintah dari ECU, kebutuhan bahan campuran udara yang di perlukan dianalisis melalui ECU atas masukan-masukan dari sensor-sensor. Pada dasarnya, prinsip kerja sistem EFI untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang bakar dilakukan dengan cara mengunakan pompa injektor tekana tinggi yang diatur secara elektronik control unit (ECU) untuk mencampurkan bahan bakar dengan udara. Sistem EFI secara ideal harus dapat melakukan pencampuran bahan bakar dan udara dengan perbandingan yang tepat sesuai dengan kondisi putaran dan beban mesin tanpa terpengaruh dengan suhu temperatur mesin.                                                                        2. Konstruksi Dasar Sistem EFI
         Secara umum, konstruksi sistem EFI dapat dibagi menjadi tiga bagian/sistem utama, yaitu; a) sistem bahan bakar (fuel system), b) sistem kontrol elektronik (electronic control system), dan c) sistem induksi/pemasukan udara (air induction system). Ketiga sistem utama ini akan dibahas satu persatu di bawah ini. Jumlah komponen-komponen yang terdapat pada sistem EFI bisa berbeda pada setiap jenis sepeda  motor. Semakin lengkap komponen sistem EFI yang digunakan, tentu kerja sistem EFI akan lebih baik sehingga bisa menghasilkan unjuk kerja mesin yang lebih optimal pula.
           Dengan semakin lengkapnya komponen-komponen sistem EFI (misalnya sensor-sensor), maka pengaturan koreksi yang diperlukan untuk mengatur perbandingan bahan bakar dan udara yang sesuai dengan kondisi kerja mesin akan semakin sempurna. Gambar di bawah ini memperlihatkan contoh skema rangkaian sistem EFI pada Yamaha GTS1000 dan penempatan komponen sistem EFI pada Honda Supra X 125.
Keterangan
1. Fuel rail/delivery pipe (pipa pembagi)
2. Pressure regulator (pengatur tekanan)
3. Injector (nozel penyemprot bahan bakar)
4. Air box (saringan udara)
5. Air temperature sensor (sensor suhu udara)
6. Throttle body butterfly (katup throttle)
7. Fast idle system
8. Throttle position sensor (sensor posisi throttle)
9. Engine/coolant temperature sensor (sensor suhu air pendingin)
10. Crankshaft position sensor (sensor posisi poros engkol)
11. Camshaft position sensor (sensor posisi poros nok)
12. Oxygen (lambda) sensor
13. Catalytic converter
14. Intake air pressure sensor (sensor tekanan udara masuk)
15. ECU (Electronic control unit)
16. Ignition coil (koil pengapian)
17. Atmospheric pressure sensor (sensor tekanan udara atmosfir)
3. Sistem Bahan Bakar Injeksi
       Komponen-komponen yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin terdiri dari tangki bahan bakar (fuel pump), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan bahan bakar (fuel filter), pipa/slang penyalur (pembagi), pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator), dan injektor/penyemprot bahan bakar. Sistem bahan bakar ini berfungsi untuk menyimpan, membersihkan, menyalurkan dan menyemprotkan /menginjeksikan bahan bakar. 

Keterangan:                                                                                                                                
1. Fuel suction filter; menyaring kotoran agar tidak terisap pompa bahan bakar.
2. Fuel pump module; memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injektor. 
3  Fuel pressure regulator; mengatur tekanan bahan bakar di dalam sistem aliran bahan bakar
4  Fuel feed hose; slang untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju injektor. 
5  Fuel Injector; menyemprotkan bahan bakar ke saluran masuk (intake manifold)
6  Fuel tank (tangki bensin);tempat penyimpanan bahan bakar.
       Terjadinya penyemprotan pada injektor adalah pada saat ECU memberikan tegangan listrik ke solenoid coil injektor. Dengan pemberian tegangan listrik tersebut solenoid coil akan menjadi magnet sehingga mampu menarik plunger dan mengangkat needle valve (katup jarum) dari dudukannya, sehingga saluran bahan bakar yang sudah bertekanan akan memancar keluar dari injektor.
4. Sistem Kontrol Elektronik
       Komponen sistem kontrol elektronik terdiri dari beberapa sensor (pengindera), seperti MAP (Manifold Absolute Pressure) sensor, TP (Throttle Position) sensor, IAT (Intake Air Temperature) sensor, bank angle sensor, EOT (Engine Oil Temperature) sensor, dan sensor-sensor lainnya. Pada sistem ini juga terdapat ECU (Electronic Control Unit) atau ECM dan komponenkomponen tambahan seperti alternator (magnet) dan regulator/rectifier yang mensuplai dan mengatur tegangan listrik ke ECU, baterai dan komponen lain. Pada sistem ini juga terdapat DLC (Data Link Connector) yaitu semacam soket dihubungkan dengan engine analyzer untuk mecari sumber kerusakan komponen
  1. ECU/ECM ( Elektronik Control Unit/Elektronik Control Module), yang befungsi untuk menerima dan menghitung seluruh data dan informasi yang diterima dari setiap sinyal sensor, yang dihasilkan oleh koponen yang ada dalam mesin.
  2. TP (Trottle Position)  yang berfungsi untuk memberikan sinyal sensor ke ECU berupa data informasi ( deteksi) mengenai posisi katup gas atau throttle valve.
  3. Air temperature sensor (sensor suhu udara) yang berfungsi untuk memberikan sinyal sensor ke ECU berupa data informasi (deteksi)  mengenai suhu udara ke intake manifold.         
  4. Intake air pressure sensor (sensor tekanan udara masuk)  yang berfungsi untuk memberikan sinyal sensor ke ECU berupa data informasi (deteksi)  mengenai tekanan  udara masuk. 
5. Sistem Induksi Udara 
       Komponen yang termasuk ke dalam sistem ini antara lain; air cleaner/air box (saringan udara), intake manifold, dan throttle body (tempat katup gas). Sistem ini berfungsi untuk menyalurkan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran.